Skip to content


Penerimaan Mahasiswa Baru ITS 2013/2014

Pada tahun akademik 2012/2013, ITS menyelenggarakan ujian masuk calon mahasiswa baru melalui  pola penerimaan:

  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
  • Seleksi Masuk ITS (SMITS), yang diselenggarakan oleh ITS untuk Program Diploma, Sarjana, Magister, Doktor, dan Pendidikan Profesi.

Pada tahun akademik 2013/2014, ITS juga menyelenggarakan ujian masuk calon mahasiswa baru program diploma secara mandiri.

 

SNMPTN 

Sistem seleksi nasional adalah seleksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2013 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu. Biaya pelaksanaan SNMPTN 2013 ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Informasi ini menyajikan ketentuan umum SNMPTN 2013 yang diikuti 61 Perguruan Tinggi Negeri. Informasi yang disajikan meliputi persyaratan pendaftaran, pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan pemilihan Program Studi. Informasi ini diterbitkan untuk dipelajari secara seksama oleh calon peserta SNMPTN 2013.

JADWAL

Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:

Pengisian PDSS 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester
Pendaftaran 1 Februari – 8 Maret 2013
Proses Seleksi 9 Maret – 27 Mei 2013
Pengumuman Hasil Seleksi 28 Mei 2013
Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi 11-12 Juni 2013

DAYA TAMPUNG 

Untuk daya tampung ITS SNMPTN 2013 dapat dilihat di https://web.snmptn.ac.id/ptn/51

 

SBMPTN

Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) adalah pola seleksi yang menggunakan ujian tulis dan atau ketrampilan. Jalur SBMPTN diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK sejenis yang berasal dari seluruh Indonesia dan lulus tahun 2011, 2012 atau 2013. Jalur SBMPTN menerima semua program studi sarjana yang diselenggarakan oleh ITS. Khusus untuk peserta yang memilih program studi Desain Produk Industri, akan dilakukan seleksi tersendiri.

Tata cara pendaftaran SBMPTN 2013 akan diumumkan kemudian.

 

 Program Kemitraan dan Mandiri (PKM)

Penerimaan calon mahasiswa baru ITS melalui PKM ditujukan untuk : (a) Menjaring calon mahasiswa yang berkualitas; dan (b) Meningkatkan kerjasama dan pemerataaan kesempatan. Seleksi PKM akan menggunakan hasil ujian pada SBMPTN, oleh karena itu calon peserta PKM WAJIB mengikuti SBMPTN. Walaupun pada saat SBMPTN, pilihan program studinya tidak memilih program studi yang ada di ITS. Jalur PKM terbuka untuk semua program studi jenjang Sarjana yang diselenggarakan oleh ITS.

Sebagaimana jalur SBMPTN, jalur PKM diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK sejenis yang berasal dari seluruh Indonesia dan lulus tahun 2011, 2012 atau 2013. Jalur PKM juga diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK sejenis yang berasal dari seluruh Indonesia dan lulus tahun 2011, 2012 atau 2013. Jalur SMBPTN menerima semua program studi sarjana yang diselenggarakan oleh ITS. Khusus untuk peserta yang memilih program studi Desain Produk Industri, akan dilakukan seleksi tersendiri.

Program Bidik Misi

Program bidik misi adalah suatu program yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik yang memadai. Progam Bidik misi memberikan bantuan biaya pendidikan dan bantuan biaya hidup selama menjadi mahasiswa. Di ITS, program Bidik Misi terbuka untuk semua program baik Diploma maupun Sarjana, kecuali program studi Teknik Sistem Perkapalan (Double Degree). Untuk program Sarjana, Program Bidik Misi dilaksanakan secara nasional pada jalur SNMPTN dan SBMPTN; sementara untuk program Diploma dilakukan secara lokal.

INFORMASI LENGKAP :

 

Jalur Seleksi Masuk Website
SNMPTN http://www.snmptn.ac.id
SBMPTN http://www.sbmptn.or.id
Program Kemitraan dan Mandiri http://smits.its.ac.id
Program Bidik Misi http://bidikmisi.dikti.go.id
SMITS on Facebook SMITS – Seleksi Masuk ITS 2011
http://www.facebookloginhut.com/facebook-login/ @SMITS2011

Sekretariat Badan Akademik

Kampus ITS, Sukolilo, Surabaya 60111

Telp. 031 5994251-54
Ext. 1012, 1117, 1118
Pst. 031 5923619
e-mail: baakcare@its.ac.id



Slider by webdesign